Tentang PPID

1. Prosedur Pelayanan

Setiap pemohon informasi publik dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh informasi publik kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui :

    a. Tertulis (melalui surat, email, fax dan sms).

    b. Tidak tertulis (melalui telepon).

    c. Datang langsung.

 

2. Permohonan Informasi

    Permohonan Informasi dapat dilakukan secara langsung mengunjungi kantor pelayanan PPID atau melalui website ppid (ppid.tanahdatar.go.id)

 

 

4. Pengajuan Keberatan

Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) masing-masing SKPD berdasarkan alasan berikut:

    a. penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17;

    b. tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9;

    c. tidak ditanggapinya permintaan informasi;

    d. permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;

    e. tidak dipenuhinya permintaan informasi;

    f. pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau

    g. penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang¬Undang 14/2008.

Mekanisme Pengajuan Keberatan

    a. Pemohon Informasi mengajukan keberatan kepada atasan PPID melalui PPID paling lambat 14 hari kerja setelah         diterimanya surat pemberitahuan tertulis dari PPID;

    b. Pengajuan keberatan dilakukan dengan cara mengisi formulir keberatan yang disediakan oleh PPID melalui         petugas informasi pada masing-masing PPID;

    c. Petugas Informasi masing-masing PPID memberikan salinan formulir keberatan kepada Pemohon Informasi Publik         yang mengajukan keberatan atau kuasanya sebagai tanda terima pengajuan keberatan.

    d. Petugas Informasi masing-masing PPID mencatat pengajuan keberatan dalam buku register keberatan.

    e. Atasan PPID masing-masing SKPD memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan         kepada Pemohon Informasi Publik yang mengajukan keberatan atau pihak yang menerima kuasa         selambat-      lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam buku register         keberatan.

 

5. Waktu Pelayanan

Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)      menetapkan waktu pemberian layanan informasi publik. Penyelenggaraan layanan informasi publik dilaksanakan pada hari kerja      Senin sampai dengan Jumat.

Senin – Kamis : 09.00 – 15.00 WIB | Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB                                                                                                                        
Jumat : 09.00 – 15.00  WIB  | Istirahat : 11.30 – 13.30 WIB

 

6. Jangka waktu Penyelesaian

  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik     memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterima permintaan, Pejabat Pengelola Informasi     dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah     penguasaannya atau tidak. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat memperpanjang waktu paling lambat 7     (tujuh) hari;
  3. Penyampaian/Pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi dilakukan secara langsung, melalui email,     fax ataupun jasa pos.

 

7. Biaya / Tarif

 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan informasi secara gratis (tidak dipungut biaya),       sementara untuk penggandaan atau perekaman, pemohon informasi dapat melakukan penggandaan/fotocopy     sendiri atau menyediakan CD/DVD kosong atau flashdisk untuk perekaman data dan informasinya. Sedangkan     untuk pengiriman melalui jasa pos dikenakan tarif sesuai dengan ketentuan yang berlaku.